Cari di Blog Ini

Rabu, 01 April 2009

Hamil, Lebih Nyaman dengan Hypnobirthing

MENJALANI proses kehamilan dan persalinan adalah hal yang tidak mudah bagi seorang ibu. Tak sedikit dari mereka yang menjalani proses ini dengan perjuangan yang sangat berat bahkan hingga mempertaruhkan nyawa sekalipun.

Untuk melewati proses itu, banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari kebutuhan fisik seperti gizi dan nutrisi hingga kebutuhan mental atau kejiwaan. Kedua kebutuhan ini harus seimbang karena berperan penting bagi setiap ibu saat melewati proses kehamilan hingga persalinan.

Satu hal yang adalah sering dilupakan tetapi sebenarnya sangat penting adalah ketenangan pikiran. Padahal, bila ketenangan jiwa dan pikiran tercapai, banyak keuntungan yang diperoleh ibu, mulai dari menghilangkan keluhan ringan seperti mual muntah dan pusing, mengurangi rasa sakit saat melahirkan, hingga pembentukan mental bayi sejak dalam kandungan.

Seperti diungkapkan clinical hypnoterapist dari ProV Clinic, Lanny Kuswandi, kondisi ketenangan pikiran pada prinsipnya menentukan kualitas kesehatan manusia di samping nutrisi. Pada ibu hamil, ketenangan pikiran juga memegang peran penting karena kondisi rileks akan memicu produksi endorfin sebagai anestesi alami yang akan menggantikan hormon pemicu rasa sakit (hormon stres).

"Endorfin itu sangat mempengaruhi ketenangan kita, sehingga bisa mengatasi rasa sakit saat persalinan. Pada masa awal kehamilan pun demikian. Memori bawah sadar kebanyakan orang menganggap hamil itu A, B, C, padahal kalau kita tenang tenang menghadapi perubahan hormonal, (keluhan) itu tidak akan menjadi masalah. Kita juga harus ingat bahwa di trimester pertama mulai pembentukan organ-organ penting," ungkap Lanny.

Untuk mencapai kondisi ketenangan pikiran, ada upaya yang bisa dilakukan para ibu yakni melakukan hypnobirthing. Istilah ini berasal dari kata hypno (dari hypnosis) dan birthing (melahirkan) yang berarti keterampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran guna mempersiapkan dan menjalani kehamilan hingga menghadapi persalinan dengan nyaman.

Menurut Lanny, ketenangan pikiran dirasakan juga oleh jani dalam kandungan. Hypnobirthing sebaiknya juga tidak hanya dilakukan oleh ibu saja melainkan juga dengan pasangan, karena persalinan merupakan perjalanan spiritual suami istri dan bayi.

Bentuk mental bayi
Selain membuat masa kehamilan lebih menyenangkan dan mengurangi rasa sakit saat persalinan, yang tak kalah penting dari manfaat hypnobirthing adalah membentuk mental bayi sejak dalam kandungan.

"Tujuan hypnobirthing bukan hanya melahirkan tanpa rasa sakit, tapi yang utama adalah bayi dalam kandungan. Satu kalimat yang saya pegang 'If you want to change the world, start to change a pregnant women," ungkap Lanny kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, banyak bayi lahir normal secara fisik tetapi saat ini banyak orang tua mengeluhkan mental anaknya ketika tumbuh dewasa. "Mental ini sebenarnya bisa dibentuk sejak dalam kandungan. Bayi dalam kandungan mulai 12 minggu sudah dapat merekam apa yang dirasakan ibunya. Dan ketenangan kita akan sangat penting," terangnya.

Tercapainya kondisi rileks pada ibu, lanujut Lanny, akan membawa gelombang otak pada kondisi yang lebih tenang sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi secara batin pada janin. Beberapa klien Lanny telah membuktikan bahwa bayi dalam kandungan ternyata dapat diminta menendang atau beraktifitas sesuai keinginan ibu hanya menggunakan kontak batin.

article source: http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/09/16091782/hamil.lebih.nyaman.dengan.hypnobirthing

Tidak ada komentar: